Sempena Hari Jadi ke-507 Bengkalis tahun 2019, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bengkalis menggelar rapat paripurna istime...[read more] "> Sempena Hari Jadi ke-507 Bengkalis tahun 2019, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bengkalis menggelar rapat paripurna istime" />
Minggu, 20 Oktober 2019
Follow Us:
Jumat, 18 Oktober 2019 - 17:18 WIB
Cara Pemkab Inhil Gali Potensi Motif Batik Daerah
Jumat, 18 Oktober 2019 - 17:15 WIB
Pemerintah Buka 197.117 Formasi CPNS 2019
Jumat, 18 Oktober 2019 - 17:10 WIB
Bupati Kampar Buka Turnamen LSN 2019
17:10 WIB - Wakil Gubernur Riau Melakukan Sidak ke Beberapa Kedai Kopi | 17:10 WIB - Gubri Mengajak Seluruh Pihak Menjaga Kedaulatan Negara | 17:10 WIB - Cara Pemkab Inhil Gali Potensi Motif Batik Daerah | 17:10 WIB - Pemerintah Buka 197.117 Formasi CPNS 2019 | 17:10 WIB - Bupati Kampar Buka Turnamen LSN 2019 | 17:10 WIB - Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto Sidak Beberapa OPD
/ Bengkalis / DPRD Bengkalis Gelar Rapat Paripurna Istimewa /
Bukti Mengenang Sejarah Bengkalis,
DPRD Bengkalis Gelar Rapat Paripurna Istimewa
Selasa, 30 Juli 2019 - 18:01:53 WIB

Bengkalis (Bidikonline.com) - Sempena Hari Jadi ke-507 Bengkalis tahun 2019, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bengkalis menggelar rapat paripurna istimewa, Selasa 30 Juli 2019 bertempat di Gedung DPRD Jalan Antara Bengkalis. Rapat Paripurna Istimewa Sebagai Bukti Mengenang Sejarah Bengkalis. Sidang tersebut digelar sebagai mengenang dan apresiasi terhadap sejarah perjuangan daerah Bengkalis, yang dilaksanakan setiap tanggal 30 juli sejak disahkan Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Bengkalis Nomor 20 tahun 2004 tentang penetapan Hari Jadi Bengkalis. Rapat paripurna istimewa itu dipimpin langsung Ketua DPRD Kabupaten Bengkalis H Abdul Kadir disaksi Wakil Ketua I, Wakil Ketua II, Wakil Ketua III dan disaksikan 39 orang anggota DPRD Bengkalis. Dan dihadiri Gubernur Provinsi Riau H Syamsuar, Bupati Bengkalis Amril Mukminin, serta dihadiri sejumlah mantan Bupati Bengkalis dan sejumlah perwakilan dari Bupati/Wali Kota se- Provinsi Riau. Pada kesempatan tersebut Bupati Bengkalis Amril Mukminin, mengungkapkan, hari ini merupakan sidang paripurna istimewa yang ke-14 kalinya sejak awal dilaksanakan tahun 2005 silam.

"Momentum peringatan hari jadi ini, selayaknya kita gunakan untuk melihat kebelakang, bahwa lebih dari sekedar saksi sejarah, Kota Bengkalis merupakan bagian integral perjuangan putra putri terbaik di tanah terubuk ini, berjuang bersabung nyawa melawan keangkuhan Portugis tahun 1512 atau ±507 tahun silam", kata Bupati.
Untuk mengenang jasa dan semangat para pahlawan dan pendiri Kota Bengkalis. Apa yang telah kita lakukan hari ini, setiap derap langkah kita membangun Kota Bengkalis sebagai ibukota Kabupaten Bengkalis, senantiasa dijiwai semangat patriotisme untuk menciptakan kehidupan yang aman, tenteram, adil, makmur dan sejahtera, sebagaimana diwariskan para pejuang kita terdahulu.

Untuk itu pada peringatan hari jadi ini, mari kita jadikan sebuah inspirasi dan motivasi untuk mengisi kembali setiap detik perjuangan kehidupan daerah ini, dengan karya dan prestasi, dan harapan akan masa depan  yang lebih cemerlang, gemilang dan terbilang", harap Amril.

Pada kesempatan tersebut Ketua DPRD Kabupaten Bengkalis H Abdul Kadir menyampaikan, rapat paripurna istimewa ini digelar sebagai bukti menghargai, keseriusan serta mengenang jasa para pejuang terdahulu demi menjaga Bengkalis.

Kita sangat menghargai para pejuang kita yang sudah bersusah payah mempertahankan Bengkalis ini, untuk itu pada momentum ini sebagai intropeksi diri kita bagaimana supaya kita mampu menjaga Bengkalis serta membawa Kabupaten Bengkalis lebih cemerlang, gemilang dan terbilang.

Pada kesempatan itu Ketua DPRD  juga membaca sejarah singkat tentang perjuangan masyarakat dan pemuda Bengkalis, dari serangan Portugis semasa itu. Tampak hadir juga  Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bengkalis, Kapolres dan Dandim Bengkalis, Kajari Bengkalis, Ketua LAM R Kabupaten Bengkalis, Para Camat dan seluruh Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkalis.

"Melalui Hari Jadi ke-507 Bengkalis ini, mari kita optimalkan lagi kebersamaan dalam menyongsong Kabupaten Bengkalis yang maju dan makmur di masa kini dan di masa yang akan datang,” ucap Gubri ketika memberikan sambutan pada Rapat Paripurna Istimewa, di Gedung DPRD Bengkalis, Jalan Antara. Gubri juga mengajak semua pihak untuK meningkatkan semangat kerja bersama demi terwujudnya kabupaten yang penuh sejarah ini menjadi daerah yang maju dan makmur, sebagaimana tema Hari Jadi ke-507 Bengkalis 2019. Dikesempatan itu, Syamsuar mengharapkan kemajuan pertumbuhan pembangunan daerah hendaknya diiringi juga dengan peningkatan sumber daya manusia dan peningkatan ekonomi rakyatnya.

"Hal ini terus menjadi persoalan bagi kita semua dalam menghadapi segala tantangan zaman. Kita percaya dengan sumber daya manusia yang ada Kabupaten Bengkalis dapat memberikan kontribusi dan warna tersendiri dalam pembangunan di Provinsi Riau,” harapnya. Gubri juga yakin Pemerintah Kabupaten Bengkalis telah mengangkat potensi-potensi alam yang dimiliki di daerah ini, selain minyak bumi dan gas. Seperti wisata alam, religi, situs sejarah dan ragam budaya yang dimiliki.
Rapat Paripurna Istimewa yang dibuka secara resmi oleh Pimpinan DPRD Bengkalis, Abdul Kadir  pukul 09.36 WIB dan ditutup 10.40 WIB ini turut dihadiri Bupati Bengkalis Amril Mukminin, Wakil Ketua DPRD Provinsi Riau, H Sunaryo, Asisten I Setda Provinsi, H Ahmad Syah Harrofie, sejumlah mantan Bupati Bengkalis dan tamu kehormatan lainnya. Sebelumnya, Gubri, Bupati Bengkalis, Pimpinan DPRD Bengkalis dan tamu kehormatan lainnya, menuju ke Gedung DPRD Bengkalis dari Rumah Dinas Bupati Bengkalis Wisma Sri Mahkota. Diiringi dengan tabuhan kompang serta kelompok manggar, rombongan berjalan kaki menuju Gedung DPRD. Setiba disana pencak silat serta tari persembahan disuguhkan kepada tamu terhormat sebagai tanda kehormatan sebelum kemudian masuk ke ruang Rapat Paripurna Istimewa.

Berikut sejarah Hari Jadi Bengkalis ke-507 Tahun dari tulisan Reza Fahlevi dari rangkuman media bidikonline.com. Pulau Bengkalis sendiri berada tepat di muara Sungai Siak, sehingga bisa dikatakan bahwa Pulau Bengkalis adalah delta sungai Siak. Pulau Bengkalis diperkirakan pertama kali dihuni oleh Orang Laut yang mendiami wilayah pesisir pantai utara dan selatan. Tome Pires dalam Summa Oriental mencatat bahwa pada 1512 ada pemukiman orang laut di Tanjung Parit yang merupakan vassal (pengikut) dari Melaka.
Kerajaan Melaka pada masa Pemerintahan Sultan Mansyur Shah (1456-1477) mengirim Bendahara Tun Perak untuk mengislamkan penduduk Bengkalis dan kawasan lain di pesisir timur Sumatera. Sedangkan D. Fransisco da Gama Gubernur Melaka 1597 menyatakan bahwa di Bengkalis telah terdapat pemukiman- pemukiman orang Minangkabau yang dating dari pedalaman Sumatera.

Catatan sejarah memperlihatkan bahwa Bengkalis memainkan peranan yang cukup penting dalam kancah perebutan pengaruh perdagangan di kawasan Selat Melaka. Berada di posisi yang sangat strategis waktu itu, Bengkalis menjadi pulau rebutan dari berbagai kekuatan besar, berada di muara Sungai Siak Bengkalis adalah persinggahan bagi pedagang dan saudagar dari pedalaman Sumatera.

Selanjutnya setelah Melaka jatuh ke tangan Portugis 24 Agustus 1511, Sultan Mahmud Syah Sultan Melaka waktu itu berundur ke Pahang dan berpindah tempat yang satu ke tempat yang lainnya dalam wilayah taklukan Melaka hingga akhirnya berkubu di Bintan. Dalam upaya untuk membalas serangan ke Portugis dan mengambil kembali Melaka, Sultan Mahmud Syah, mengutus Hang Nadim yang merupakan anak dari Hang Jebat, untuk mengumpulkan pengikut-pengikut setianya dari kalangan orang laut. Salah satu Orang Laut yang dihimpun adalah Suku Senggeren dari Bengkalis, ini mungkin asal nama Senggoro yang merupakan tempat pemukiman Suku Senggeren di Pulau Bengkalis.
Dari Bengkalis Hang Nadim membangun kekuatan tempur di Bengkalis dan Bukit Batu untuk melawan Portugis di Melaka. Waktu itu, di bawah pimpinan Bathin Senggoro yang bernama Bathin Hitam mempersiapkan pasukan dari suku Senggeren. Bukit Batu mempersiapkan pasukan dari suku Tenggayun yang dipimpin Tun Megat, bersama suku-suku laut dibawah pengawasan sultan Mahmud Syah.

Dengan dipimpin oleh Laksamana Hang Nadim, Juli 1512, pasukan gabungan tersebut menyerbu pasukan Portugis di Pagoh Muar. Pasukan Portugis dipimpin oleh Fernao Pires De Andrade. Dengan pertempuran yang sengit akhirnya pasukan
melayu gabungan dapat mengalahkan dan memukul mundur Portugis di Pagoh Muar.

Namun pasukan Portugis melakukan serangan balasan dan Pagoh akhirnya direbut portugis. Kemudian armada portugis mara ke bukit batu dan meneruskan serangan ke Bengkalis. Namun pasukan Laksamana Hang Nadim dapat mematahkannnya. Saling serang antara Portugis dan Sultan Mahmud Syah terus terjadi pada tahun-tahun berikutnya.
Peristiwa kemenangan suku Senggeren dari Bengkalis inilah yang menjadi dasar tim pencari data peremus hari jadi Bengkalis. Tim ini dibentuk oleh Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Kabupaten Bengkalis pada saat itu dengan mengambil kesimpulan dan mengusulkan hari jadi Bengkalis tanggal 30 Juli 1512. Kemudian disahkan dengan perda Kabupaten Bengkalis Nomor 20 Tahun 2004 tentang hari jadi Bengkalis.

Peristiwa heroik ini menjadi tonggak sejarah bahwa kita telah menunjukkan eksistensi kepada bangsa penjajah, bahwa masyarakat Bengkalis memiliki semangat juang yang luar biasa dan gagah berani.
(ADV/tonagian)





Berita Lainnya :
  • Wakil Gubernur Riau Melakukan Sidak ke Beberapa Kedai Kopi
  • Gubri Mengajak Seluruh Pihak Menjaga Kedaulatan Negara
  • Cara Pemkab Inhil Gali Potensi Motif Batik Daerah
  • Pemerintah Buka 197.117 Formasi CPNS 2019
  • Bupati Kampar Buka Turnamen LSN 2019
  • Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto Sidak Beberapa OPD
  • Bupati Amril Mukminin Keluarkan SE Hari Libur Nasional
  • Bengkalis Partisipasi dan Siap Sukseskan Karnaval Kebudayaan Riau 2019
  • Pengurus Pusat Muslimat NU Apresiasi PCMNU Inhil
  •  
    Komentar Anda :
       


    Galeri   + Index Galeri
    Memperingati Hari Jadi Rohul ke - 18, DPRD Gelar Rapat Paripurna Istimewa

    Home | Daerah | Nasional | Hukum | Politik | Olahraga | Entertainment | Foto | Galeri | Advertorial | Lintas Nusantara | Kepulauan Nias
    Pekanbaru | Siak | Pelalawan | Inhu | Bengkalis | Inhil | Kuansing | Rohil | Rohul | Meranti | Dumai | Kampar
    Profil | Redaksi | Index
    Pedoman Berita Siber

    Copyright © 2009-2016 bidikonline.com
    Membela Kepentingan Rakyat Demi Keadilan